Tatap Muka 1. Ruang Lingkup Pengawasan Mutu Makanan

August 30th, 2017

Pengawasan mutu makanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan di lingkungan industri makanan, jasa boga, maupun sistem penyelenggaraan makanan di rumah sakit yang meliputi proses produksi, pengolahan, dan pemasaran produk. Pengawasan mutu makanan ini mencakup pada produk pangan baik pada produk segar, bahan mentah, maupun produk olahan.

Secara garis besar pengertian pengawasan mutu makanan ini adalah mencakup lingkungan dari tingkat perusahaan sampai dengan tingkat nasional yang mencakup semua aspek termasuk kebijaksanaan, standarisasi, pengendalian, jaminan mutu, pembinaan mutu, dan perundang-undangan. Pengawasan mutu ini mencakup semua jenis produk pangan serta segala cara pengolahan dan tingkat berproduksi.

Pengawasan mutu makanan ini tidak terlepas dengan pengendalian mutu. Pengendalian mutu ini diperuntukkan untuk perusahaan industri yang sistem produksinya dapat dikendalikan. Misalnya adalah pengendalian untuk jenis, jumlah, dan mutu produk. Pengendalian mutu ini bermaksud juga untuk mencegah terjadinya pemalsuan makanan (food fraud) yang beredar di masyarakat. Adanya pemalsuan makanan ini bermula dari keterbatasan lahan produksi dan terjadi peningkatan kebutuhan pasar karena adanya peningkatan daya beli konsumen. Adanya peningkatan kebutuhan pasar ini akan menyebabkan adanya inovasi dan produksi produk baru untuk mensiasati kebutuhan konsumen yang meningkat.

Didalam tatap muka pertama ini mahasiswa akan diberikan pengantar mengenai pentingnya pengawasan mutu makanan. Sehingga setelah tatap muka pertama ini mahasiswa memahami dan dapat mengikuti urutan materi 2 sampai 14.

 

Selamat belajar

1. Ruang Lingkup Manajemen Mutu 2017 KONTRAK PERKULIAHAN 2017

KONTRAK PERKULIAHAN 2017

 

This entry was posted on Wednesday, August 30th, 2017 at 8:38 am and is filed under Food Safety. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*